Biografi Ciputra Lengkap : Sang Pengusaha Properti

Biografi Ciputra Sang Pengusaha Sukses

www.BisnisRumahanPemula.com – Bertemu lagi bersama Hafizh disini, kali ini saya akan mencoba menulis tentang seorang pengusaha properti yang SUKSES (khususnya di Indonesia) siapa lagi kalau bukan Bapak Ir. Ciputra, setelah sebelumnya menulis biografi-biografi pengusaha sukses lainnya, seperti Chairul tanjung, Ippho Santosa, Merry Riana, dan kali ini akan saya coba kuak  dan semoga menjadi inspirasi kita semua, yaitu biografi Ciputra.

Tidak bosan-bosannya saya katakan bahwa dengan membaca kisah-kisah orang sukses akan menambah motivasi untuk berbisnis dan jika kita dapat mengambil hikmahnya, maka akan meminimalisir resiko kegagalan. Berikut akan saya paparkan kisah seorang Ciputra yang memulai bisnisnya, semoga mendapat pencerahan dan motivasi untuk terus semangat menggapai kesuksesan dalam bisnis.

Mengenal Biografi Ciputra Lebih Jauh

biografi ciputra

Mengutip dari wikipedia, beliau lahir di Sulawesi Tengah tepatnya di daerah Parigi dan lahir pada tanggal 24 Agustus 1931. Beliau dikenal insinyur dan seorang pebisnis sukses asli dari Indonesia, khususnya dibidang properti, salah satu bisnis beliau adalah Metropolian Group, Ciputra Group, dan Jaya Group. Selain dunia bisnis, Ciputra juga aktif pada bidang pendidikan, terbukti dengan mengembangkan sekolah dan universitas Ciputra yang ia kelola.

Untuk penghargaanya, beliau termasuk dari orang terkaya di Indonesia menempati urutan ke-27 yang dirilis oleh Forbes pada tahun 2011. Ciputra mengantongi kekayaannya pada saat itu sebesar USD 950 juta. Wow, fantastis.

Tapi apakah semudah itu Ir Ciputra mendapatkannya?

Teman-teman jangan pernah berpikir untuk menikmati hasil tanpa ada usaha sama sekali dalam mendapatkannya, begitu pula beliau, selalu ada halangan dan rintangan untuk mencapai posisi sekarang karena tidak semua didapatkan dengan mudah. Perlu Anda yakini bahwa “setiap orang SUKSES memiliki jatah GAGALnya masing-masing”

Perjalanan Ir Ciputra Sebelum Mencapai Puncaknya

bisnis ciputra

Dalam biografi Ciputra ini menjelaskan bagaimana sejak kecil Ciputra telah mengalami kesulitan atau cobaan dalam hidup, dengan tertangkap ayahnya yang dituduh sebagai mata-mata Belanda/Jepang oleh pasukan yang tak dikenal dan sejak itu ayahnya tidak kembali. Denga ujian yang bertubi-tubi iya tidak patah semangat, terbukti dengan terus mencari ilmu dari mulai SMP dan SMA di Manado dan kemudian melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga : Biografi Ir Soekarno Singkat – Inspirasi Business Owner

Saat kuliah ia bersama Budi dan Ismail Sofyan mendirikan sebuah usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor disebuah garasi. Setelah Ciputra lulus dan meraih gelar insinyur, beliau langsung pindah ke Jakarta untuk memperdalam pengalaman.

Nah, di Jakarta ini beliau memulai karirnya di perusahaan daerah milik Pemda DKI, tepatnya di Jaya Group. Loyalitas yang dibuatnya tidak tanggung-tanggung yaitu menjabat sebagai direksi sampai dengan usia 65 tahun dan dilanjutkan menjadi penasihat perusahaan. Dengan kebebasan inovasi yang diberikan kepada Ciputra, salah satu proyek fenomenal yang dikerjakannya adalah pembanguna Ancol.

Kemudian bersama temannya Sudono Salim,  Sudwikatmono, Budi Brasali, dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolian Group, dengan membangun perumahan mewah didaerah elit Jakarta. Pada masa itu pula, Ir Ciputra menjabat sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Setelah berlangsung cukup lama dan telah berpengalaman dalam dunia bisnis Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, yaitu Ciputra Group.

Perjuangan Ir Ciputra Untuk Bangkit dari Keterpurukan

Tidak selamanya seorang yang diatas akan terus berada disana, tetapi selalu ada cobaan untuk membuktikan apakah layak untuk terus berada disana. Jika layak, maka sudah pantas untuk terus berada diatas. Perlu diketahui semuanya, bahwa setiap orang sukses itu memiliki jatah gagal mereka masing-masing.

Tepatnya pada tahun 1997 terjadilah krisis ekonomi yang melanda Indonesia. Krisis tersebut menimpa tiga group yang dipimpin Ciputra, yaitu Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu, Bank Ciputra yang sempat didirikannya ditutup oleh Pemerintah karena dianggap tidak layak untuk terus berdir, dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate yang baru dirintis menjelang krisis pun sama nasibnya dengan bank tersebut,  ikut ditutup. Dengan adanya kebijakan moneter dari pemerintah dan diskon bunga dari beberapa bank, Ciputra mendapat kesempatan untuk merestrukturisasi tagihan utang-utangnya yang menumpuk.

Dengan kegigihan dan terus berjuang untuk tidak mudah putus asa ketika jatuh, akhirnya ketiga group tersebut dapat bangkit kembali dan kini Group Ciputra telah mampu melakukan ekspansi usaha di dalam bahkan ke luar negeri.

Kesimpulan

Dari pemaparan biografi ciputra diatas semoga dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman semua yang membaca, dan terus menjadi motivasi untuk terus berjuang, walaupun telah jatuh (dalam arti gagal). Satu hal yang ditekankan dari kisah Ciputra adalah dalam seriusnya beliau menjalani pendidikan, pendidikan itu tidak hanya ilmu yang didapat tetapi relasi serta sesuatu berharga lainnya yang Anda temukan tanpa disadari.

Semoga Bermanfaat & Salam Berbagi 🙂

None found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *