Biografi Ir Soekarno Singkat – Inspirasi Business Owner

Biografi Ir Soekarno – Kali ini saya coba akan mengulas tentang biografi Ir Soekarno, siapa yang tidak kenal dengan tokoh pemimpin no 1 di Indonesia ini, ya beliau adalah Ir Soekarno presiden pertama Republik Indonesia. Sebelumnya memang Ir Soekarno bukan seorang pebisnis, tetapi ada pelajaran dan persamaan karakter yang dapat kita ambil contoh dari beliau, yaitu proses dalam memimpin.

Dalam berbisnis perlu adanya sifat leader yang tangguh, yang mampu mengayomi karyawannya untuk kerja penuh cinta dan tanpa paksaan. Jika jiwa pemimpin kita  sudah seperti Ir Soekarno, maka akan mudah untuk memajukan usaha melalui karyawan-karyawan yang telah ada.

Contohnya dapat Anda lihat sendiri dari beliau, bagaimana Ir Soekarno mampu memimpin rakyat Indonesia untuk semangat dalam membangun Indonesia tanah air tercinta. Dari mulai menanamkan rasa memiliki dan cinta terhadap negeri Indonesia, sampai melawan para penjajah yang telah menginjak-injak harga diri Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya, saya coba akan paparkan mengenai biografi Ir Soekarno sebagai inspirasi di dalam memimpin. Setelah membaca biografi beliau goalnya adalah dapat diterapkan pada bisnis masing untuk mengayomi karyawannya, dan juga akan dipaparkan sejarah Ir Soekarno dalam menjalani kehidupannya untuk membangun bangsa Indonesia ini.

Biografi Ir Soekarno Singkat – Inspirasi Leader

biografi ir soekarno

Biografi Ir Soekarno – Dalam memimpin tidak semudah yang dibaca dalam teori, karena akan terasa langsung jika telah terjun langsung. Tetapi sebelum terjun ada baiknya untuk membaca kisah-kisah orang yang sudah sukses untuk mencontoh dan meminimalisir kegagalan, berikut biografi  singkat Ir Soekarno dari wikipedia:

Dr.(HC) Ir. H. Soekarno1 (ER, EYD: Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Ir Soekarno merupakan presiden pertama bangsa Indonesia yang juga dikenal sebagai arsitek alumni dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang namanya ITB) di Bandung dengan fokus mengambil pada jurusan teknik sipil dan lulus pada tahun 1926, selain itu ada beberapa pekerjaan dan karya dari beliau pada bidang arsitektur yaitu:

  • Ketika Ir Soekarno dibuang di Bengkulu dapat menyempatkan merancang beberapa rumah masyarakat dan merenovasi total masjid Jami’ yang ada pada tengah kota.
  • Pada tahun 1926 Ir. Soekarno membuat biro insinyur bersama rekannya Ir. Anwari, mereka banyak mengerjakan rancang bangun-bangunan. Selanjutnya Ir Soekarno bersama Ir. Rooseno juga membuat dan membangun rumah-rumah serta jenis bangunan lainnya.

Ir soekarno dalam membangun bangsa ini adalah tidak mudah, dengan masuk langsung ke sistem jepang dan belanda terus belajar untuk melihat celah kelemahan mereka. Sebenarnya untuk membahas semua perjuangan beliau tidak akan cukup pada satu artikel, tetapi akan saya coba sedikit disini. Untuk masa-masa beliau dalam membangun bangsa dapat dilihat penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Biografi Chairul Tanjung Lengkap – Inspirasi Bisnis

Sejarah Ir Soekarno Dalam Membangun Bangsa

Biografi Ir Soekarno – Dalam membangun bangsa, Ir soekarno beserta rakyatnya mampu membentuk kultur dan idealisme yang kokoh, yang mana digunakan sampai saat ini. Bermula dari masa penjajahan, masa kemerdekaan, dan masa keterpurukan, berikut penjelasan rincinya:

#Masa Penjajahan

masa penjajahan

Pada masa ini lebih difokuskan pada masa  masa penjajahan Jepang kepada Indonesia (1942-1945), untuk menarik hati rakyat Indonesia, Jepang memanfaatkan tokoh besar seperti, Bung Karno, Mohammad Hatta, dan lain-lain dalam setiap oraganisasi dan lembaga untuk lebih mudah menguasai rakyat Indonesia.

Tetapi karena tokoh-tokoh Indonesia memiliki karakter dan cerdas, walalupun bekerjasama dalam mencapai kemerdekaan bersama pemerintahan penduduk Jepang, ini merupakan prestasi yang luar biasa yang dibuat oleh pahlawan-pahlawan kita.

Pada saat pidato kemerdekaan yang dibawakan oleh Ir Soekarno, beliau mengatakan bahwa walaupun sebenarnya kita berkerjasama dengan Jepang untuk mencapai kemerdekaan, tetapi kita yakin serta mengandalkan dan percaya akan kekuatan kita sendiri tanpa bantuan dari luar.

#Masa Kemerdekaan

masa kemerdekaan

Di dalam biografi Ir Soekarno ini akan dibahas juga perjuangan beliau pada masa kemerdekaan, pada saat menjadi presiden, beliau juga banyak memerikan ide-ide gagasan untuk dunia Internasional. Salah satu inisiatif berani dari seorang Ir Soekarno adalah  ketika nasib Asia-Afrika belum merdeka, beliau mengadakan konferensi Asia-Afrika di Bandung dan menghasilkan dasasila bandung, berikut 10 isi dasasila tersebut:

  1. Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang termuat di dalam piagam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

  2. Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa

  3. Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa, besar maupun kecil

  4. Tidak melakukan intervensi atau campur tangan dalam soalan-soalan dalam negeri negara lain

  5. Menghormati hak-hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri secara sendirian ataupun kolektif yang sesuai dengan Piagam PBB

  6. Tidak menggunakan peraturan-peraturan dari pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus dari salah satu negara besar dan tidak melakukannya terhadap negara lain

  7. Tidak melakukan tindakan-tindakan ataupun ancaman agresi maupun penggunaan kekerasan terhadap integritas wilayah maupun kemerdekaan politik suatu negara

  8. Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan jalan damai, seperti perundingan, persetujuan, arbitrasi (penyelesaian masalah hukum) , ataupun cara damai lainnya, menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan Piagam PBBcc

  9. Memajukan kepentingan bersama dan kerjasama

  10. Menghormati hukum dan kewajiban–kewajiban internasional

#Masa Keterpurukan

masa keterpurukan

Ada masa dimana untuk menguji solidaritas, maka perlu namanya sebuah ujian untuk mematangkan sebuah konsep idealisme. Tepatnya pada saat gerakan 30 september atau lebih dikenal dengan G30S yang membuat situasi politik Indonesia sangat tidak menentu, khususnya tepat pada saat enam jendral dibunuh.

Selang lima bulan kemudian, dikeluarkan surat perintah yang langsung ditandatangani oleh Soekarno. Isi dari surat tersebut intinya perintah langsung untuk Jenderal Soeharto untuk mengambil keputusan yang perlu, guna menjaga keamanan dan keselamatan bagi presiden.

Pelajaran yang Dapat Diambil Dari Biografi Ir Soekarno Diatas

Sebenarnya masih banyak penjelasan yang perlu ditambah, tetapi sangat tidak mungkin dijelaskan pada artikel ini. Ada satu hal sifat prinsip yang dapat kita ambil dari beliau adalah, buat orang merasa memiliki. Jika Anda seorang pemilik bisnis, bangunlah sifat kepada karyawan agar mempunyai rasa memiliki pada perusahaan tersebut, bukan hanya sekedar karyawan saja.

Begitulah yang diterapkan oleh Ir Soekarno, menanamkan kepada rakyat untuk memiliki rasa memiliki terhadapa bangsa sendiri. Semoga artikel biografi Ir soekarno ini menjadi inspirasi kita semua.

Semoga Bermanfaat dan Salam Berbagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *